Metode Pengawasan Verifikasi Faktual Calon Independen





















Bawaslu Provinsi Riau, Pekanbaru – Pimpinan Bawaslu RI, Nasrullah menegaskan agar pengawas Pemilu lakukan audit dalam melakukan Pengawasan Pencalonan, terutama Pencalonan perseorangan. Hal ini agar dapat dibuktikan apakah KTP untuk dukungan Calon perseorangan sesuai fakta atau fiktif, karena hal seperti ini banyak terjadi. Harapannya, audit data ini agar suara  dukungan untuk calon perseorangan benar-benar aspirasi dari bawah, jangan dimanipulasi.
 
“Saya berikan contoh, bila digambarkan dalam satu kelurahan misalnya terdapat tujuh ratus populasi atau KTP, maka kurang lebih sekitar lima persen atau tiga puluh empat KTP dijadikan sampel oleh Pengawas pemilu untuk melakukan proses audit,” ujarnya saat menyampaikan materi tentang Pengawas Pemilu dan peran masyarakat dalam Pemilu Partisipatif Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota tahun 2017, dihadapan para peserta kegiatan sosialisasi pengembangan pengawasan Pemilu partisipatif dalam rangka tatap muka dengan stakeholder dan mayarakat, pada Kamis, 9 Juni 2016, di Hotel Mutiara Merdeka.
 
“Harapan saya setelah diaudit, jajaran Pengawas Pemilu memiliki data pembanding dan mengetahui fakta atau fiktifnya dukungan itu,” lanjutnya menyampaikan harapan metode pengawasan verifikasi faktual terhadap dukungan calon Bupati atau Walikota jalur independen.
 
Banyaknya kecurangan-kecurangan yang terjadi pada Proses Pilkada, baik dari calon perseorangan maupun dari dukungan Partai Politik membuat Bawaslu berfikir lebih kuat metode-metode pengawasan yang akan diterapkan kepada Pengawas Pemilu dalam melaksanakan pengawasan dan semoga bisa ditetapkan pada peraturan Bawaslu.
 
Nasrullah juga mengharapkan kepada jajaran KPU di Provinsi Riau bahwa sudah saatnya kita bekerja secara transparan dan bukan era nya menyembunyikan data, bagikan dan terbuka kepada pengawas Pemilu.
 
Selain itu dia juga menyampaikan beberapa gambaran metode pengawasan dihadapan stakeholder, masyarakat, KPU dan Panwas Kabupaten Kampar serta Panwas Kota Pekanbaru yang dilantik beberapa waktu lalu. Hingga akhir acara, diskusi berjalan antusias dan lancar.
Share this article :
 
Website : Resmi Panwaslu Bireuen
Copyright © 2016. Panwaslih Kabupaten Bireuen - By Abiya
Sekretariat Jln. Medan-Banda Aceh Bireuen Provinsi Aceh
Kode Pos 24211